Cara Membuat Lari Menjadi Menyenangkan

  1. Ubah Pandangan mu

Rutinitas yang monoton dapat menjadi membosankan dan melelahkan. Sulit untuk tetap termotivasi berlari melewati pemandangan yang sama: belokan yang sama, bukit yang sama, pemandangan dan suara yang sama, hari demi hari. Berjalan di jalur yang berulang-ulang dapat membuat latihan Anda terasa seperti tugas—masuk, keluar, dan Anda selesai. Tambahkan variasi pada rutinitas Anda dan rasakan kembali rasa kegembiraan dengan mengubah pemandangan Anda. Jika Anda seorang pelari jalan, temukan lingkungan baru, kunjungi taman yang berbeda, atau keluar dari jalur yang biasa dan menuju ke jalur untuk beberapa kegembiraan di luar ruangan. Nikmati ketenangan dan kedamaian alam, di mana indera Anda menjadi lebih tajam dan lebih selaras dengan lingkungan sekitar. Dengarkan suara burung berkicau di udara atau bahkan melihat rusa atau satwa liar lainnya saat Anda melaju. Tidak ada yang dapat menghilangkan perasaan monoton lebih baik daripada melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan memasuki pengaturan baru. Jika Anda seorang pelari jalur, lakukan perjalanan sehari dan jelajahi medan baru atau naik ke jalan. Menjelajahi rute baru yang tidak terduga tidak hanya meningkatkan mood Anda, tetapi faktor ketidakdiketahui juga memberikan rasa heran dan kegembiraan sambil membuat semangat Anda terasa segar dan dipulihkan.

Bahkan hanya mengubah waktu hari ketika Anda berlari pun bisa membuat perbedaan. Jika Anda biasanya berlari di sore atau malam hari, ikat tali sepatu Anda di pagi hari dan saksikan matahari terbit yang emas di pagi hari yang tenang. Sebaliknya, jika Anda seorang pelari pagi, lari lebih lambat di sore hari dan nikmati matahari terbenam yang menenangkan saat latihan Anda (dan hari) berakhir. Tip bonus: ambil istirahat dari melihat ke bawah pada gadget biometrik Anda dan lakukan lari yang bebas semangat.

  1. Ajak Teman

Siapa pun yang mencetuskan pepatah lama itu, “waktu berlalu saat Anda bersenang-senang,” pasti memikirkan teman. Ketika Anda memiliki teman lari di samping Anda, mil-mil itu hanya berlalu lebih cepat saat Anda terlibat dalam tawa dan percakapan sambil keduanya berkeringat. Berlari dengan orang lain juga memungkinkan Anda memiliki mitra akuntabilitas untuk menjaga komitmen Anda. Terutama pada hari-hari ketika Anda tidak ingin mengganti pakaian olahraga Anda dan mengikat sepatu Anda, mengetahui bahwa seseorang mengandalkan kehadiran Anda (dan sebaliknya) membuat Anda kurang mungkin melewatkan lari Anda.

Jika lingkaran teman atau kenalan Anda tidak termasuk pelari, bergabunglah dengan kelompok pelari di komunitas lokal Anda di mana Anda dapat bertemu orang baru dengan minat dan tujuan gaya hidup yang sama. Ini adalah kesempatan besar untuk terhubung dengan pelari dari berbagai tingkat keahlian dan kecepatan untuk membantu satu sama lain mendorong melalui mil terakhir (dan selalu ada keamanan tambahan dalam jumlah daripada sendirian). Dengan menjadi bagian dari komunitas lari, Anda kemungkinan besar akan lebih konsisten dengan latihan Anda, membentuk hubungan timbal balik dengan orang lain untuk mendukung, yang akan meningkatkan dorongan Anda, tekad, dan kinerja secara keseluruhan.

  1. Gunakan Teknologi Dalam Lari mu

Untuk pelari yang suka terhibur, gunakan teknologi dengan menyertakan beberapa alat bebas tangan seperti jam tangan dengan fitur musik atau headphone lari untuk membantu menghabiskan waktu untuk latihan yang lebih menyenangkan. Mendengarkan lagu-lagu yang sama berulang kali dapat menjadi terlalu dapat diprediksi dan tidak menginspirasi. Baik itu membuat daftar putar baru yang ceria atau mendengarkan podcast lucu atau buku audio yang menarik, perubahan tempo dapat meningkatkan energi Anda. Studi telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik meningkatkan kinerja lari. Lagu uptempo dengan irama ritmis mendorong Anda untuk mempercepat dan memberi Anda dorongan yang kuat untuk berlari lebih cepat dan terus bergerak (poin ekstra jika Anda pergi tanpa beban dan mulai bernyanyi bersama). Dan dengan mendapatkan headphone khusus lari yang melewati telinga Anda, Anda dapat menjaga kesadaran situasional untuk keselamatan sambil tetap menikmati lagu Anda dalam perjalanan.

  1. Set New Goals

Memiliki tujuan yang jelas bisa menjadi kekuatan motivasi, yang dapat menghalangi penundaan dan kekecewaan yang membuat Anda terjebak dalam kelesuan lari. Ini bisa sesederhana mencampur latihan Anda dengan memperpanjang waktu Anda, memvariasikan jarak Anda, atau meningkatkan kecepatan Anda. Atau, Anda dapat memfokuskan perhatian Anda pada sesuatu dan seseorang lain dengan mendedikasikan lari untuk orang atau penyebab yang berarti bagi Anda dengan mendaftar untuk lomba amal. Ada juga lomba bertema menyenangkan (seperti lomba warna, gelembung, lumpur, busa, atau bahkan kostum) di mana Anda dapat menikmati pengalaman dan kebersamaan sosial acara daripada terobsesi dengan waktu selesai Anda. Jika Anda merasa spontan dan termotivasi, daftarlah secara tiba-tiba untuk 5K, yang tidak akan memerlukan pelatihan yang melelahkan atau memakan waktu yang dilakukan maraton penuh. Secara keseluruhan, memiliki tujuan yang ditetapkan memberi Anda fokus dan tujuan yang didorong, meninggalkan Anda dengan rasa pencapaian yang besar saat Anda melewati garis finis.

  1. Switch Up Your Gear

Ada sesuatu yang menyenangkan tentang menambahkan perlengkapan baru ke lemari pakaian lari Anda yang dapat membuat Anda tersenyum lebar, seperti anak pada pagi Natal membuka mainan baru mereka. Baik itu mengikat sepasang sepatu lari baru atau mengenakan kaus baru, mengganti barang-barang memberi Anda sesuatu yang dapat Anda nantikan. Bahkan membeli sepasang kaus kaki lari baru atau menambahkan bra olahraga ke rotasi memberikan dorongan emosional dan antisipasi yang meningkat, menginspirasi Anda untuk memanfaatkan sebagian besar perlengkapan baru Anda dan membawanya keluar untuk berlari. Variasi adalah bumbu hidup, jadi beranilah dengan warna dan cetakan yang menyenangkan untuk mengangkat suasana hati Anda dan bersenang-senang!