Setiap sepatu lari itu beda, sama seperti setiap kaki yang memakainya. Cara lari dan bentuk kaki kita masing-masing mempengaruhi cara sepatu itu bekerja untuk kita. Jadi, setiap sepatu baru mungkin perlu waktu untuk kita terbiasa (dan sayangnya, ada beberapa yang mungkin nggak cocok untuk kita – nggak ada satu sepatu yang pas untuk semua orang).

Walaupun sepatu itu nggak perlu ‘dibiasakan’, mungkin perlu beberapa kali lari untuk kamu bisa memahami bagaimana rasanya dan pasnya untuk kamu, serta untuk membuat busa dan bagian atas sepatu melunak sesuai dengan kaki kamu. Dengan begitu, kamu bisa lihat apakah ada ‘hot spots’ yang menggosok dan mungkin menyebabkan lecet, atau ada area yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

TAPI SEBELUMNYA… BAGAIMANA SEHARUSNYA SEPATU LARI PAS?
Sepatu harus selalu terasa nyaman begitu kamu mencobanya. Kalau nggak, coba ukuran lain atau sepatu lain sama sekali.

Bagian tumit harus pas dan nggak tergelincir naik turun, dan periksa apakah kerah pergelangan kaki menggosok pergelangan kaki kamu. Bagian tengah kaki harus nyaman, nggak terlalu ketat atau longgar, terutama di sekitar lengkung dan sisi luar kaki.

Di ujung sepatu, harus ada jarak selebar ibu jari dari ujung jari terbesar kamu, dan kamu harus bisa menggerakkan jari-jari kaki – jari kaki besar dan jari kaki kecil nggak boleh terasa terjepit di kedua sisi. Kalau kaki kamu terlihat menggantung atau membengkak di kotak jari kaki, maka cari sepatu dengan lebar ekstra.

Kalau ragu, pilih ukuran yang lebih besar. Lebih mudah menemukan sepatu yang pas dengan ukuran yang agak besar, daripada mencoba memaksa kaki kamu masuk ke sepatu yang terlalu kecil. Ada berbagai teknik pengikatan yang bisa membantu kamu menemukan pas yang terbaik untuk kamu.

Dan selalu uji sepatu kamu dengan memakai kaus kaki yang paling mungkin kamu pakai saat lari.

BERJALAN DULU KEMUDIAN LARI DENGAN SEPATU LARI BARU
Walaupun kamu mungkin nggak sabar untuk lari dengan sepatu baru, kamu bisa mencoba berjalan sebentar atau dua kali sebelum lari. Ini akan membantu mendapatkan ide bagaimana pas dan rasanya, serta bagaimana cara terbaik mengikatnya.

BISA LANGSUNG LARI JARAK JAUH DENGAN SEPATU BARU DARI KOTAK?
Kamu bisa langsung lari jarak jauh dari kotak, tapi bagaimana kalau kamu sadar sepatu itu menggosok, menyebabkan lecet, atau menyakitkan kamu setelah 30 menit dalam lari dua jam? Selalu lebih baik untuk mencoba lari jarak pendek sebelum lari jarak jauh.

GUNAKAN SEPATU SESUAI DENGAN TUJUANNYA
Kalau kamu membeli sepatu trail, coba di trail; kalau kamu punya sepatu lari dengan pelat karbon, maka lari cepat dengannya. Gunakan sepatu sesuai dengan tujuan desainnya untuk mendapatkan ide terbaik bagaimana pasnya untuk kamu.

APAKAH SEPATU AKAN BERUBAH SEIRING KAMU LARI DENGANNYA?
Kalau kamu punya sepasang sepatu lama, balik dan lihat outsole-nya. Apakah kamu melihat area yang lebih aus daripada yang lain? Sekarang keluarkan insole dan lihat di mana lebih terkompresi – itu akan terbentuk sesuai dengan kaki kamu seiring kamu lari dengannya.

Memeriksa kedua hal ini akan memberi kamu ide bagaimana kaki kamu mendarat saat lari, dan juga bagaimana sepatu berubah seiring kamu memakainya.

Kadang sepatu terasa lebih lembut setelah beberapa kali lari. Beberapa mungkin menganggap ini sebagai ‘memecahkan’ sepatu, terutama sepatu lari dengan midsole dan outsole yang lebih kaku (seperti sepatu trail), tapi itu lebih merupakan konsekuensi dari penggunaan daripada tindakan yang harus kamu ambil agar sepatu bekerja dengan baik.

Kebalikan dari pelunakan ini akan terjadi saat sepatu menjadi lebih tua: akan terasa lebih kaku dan ‘datar’ seolah-olah kehilangan semua bantalan – sekarang saatnya untuk mengganti sepatu itu.

SEPATU LARI BARU DARI SEPATU FAVORIT LAMA
Kalau kamu menemukan sepatu yang cocok untuk kamu, kamu mungkin membeli sepasang lagi. Saat kamu memakainya untuk pertama kali, kemungkinan akan terasa berbeda dengan yang lama, karena pada sepatu lama bagian atas telah menjadi lebih longgar, busa midsole telah terkompresi, dan insole telah terbentuk sesuai dengan kaki kamu setelah banyak kilometer yang kamu tempuh dengannya. Kalau kamu tahu sepatu itu cocok, maka yang baru akan segera terasa sama seperti yang terakhir.

APAKAH PERLU MEMUTAR SEPATU LARI?
Memutar sepatu lari berarti kamu memilih dari beberapa pasang dan menggunakannya untuk lari yang berbeda, jadi kamu mungkin punya sepatu trail untuk trail, sepatu harian untuk lari mudah, dan sepatu tempo untuk latihan. Kamu nggak perlu punya semuanya, tapi penelitian menunjukkan bahwa memiliki beberapa pasang bisa baik untuk kekuatan kaki secara keseluruhan – dengan asumsi sepatu-sepatu itu pas untuk kamu.

Kalau kamu hanya memakai sepasang sepatu yang sama, maka kaki kamu terbiasa dengan satu bentuk sepatu tertentu dan itu bisa menyebabkan kelemahan di area tertentu dari kaki dan kaki. Itu mungkin baik-baik saja kalau kamu hanya lari jarak pendek beberapa kali seminggu (dan memakai sepatu lain selama waktu lainnya), tapi kalau kamu lari secara teratur maka bagus untuk memiliki variasi dalam sepatu kamu.

LARI DENGAN SEPATU LARI DENGAN PELAT KARBON
Sepatu dengan pelat karbon dirancang untuk digunakan untuk lebih sedikit kilometer secara keseluruhan dibandingkan dengan sepatu lain (setidaknya untuk memaksimalkan kinerja puncaknya), jadi banyak pelari suka meminimalkan penggunaannya. Kalau kamu punya sepasang sepatu baru dengan pelat karbon, maka bagus untuk lari cepat yang lebih pendek dengannya (mungkin tempo 5 km), dan kemudian juga mengujinya seolah-olah kamu berlomba dengannya. Misalnya, kamu harus mencoba lari jarak jauh menjelang maraton karena selalu lebih baik untuk mengetahui apakah sepatu itu menggosok atau menyebabkan ketidaknyamanan sebelum lomba daripada selama lomba.

APAKAH NORMAL KALAU SEPATU LARI BARU MENYAKITI KAKI KAMU?
Nggak, itu nggak normal, dan itu mungkin nggak baik. Kalau sepatu menyakitkan saat kamu memakainya, maka itu mungkin nggak akan membaik, terutama kalau kamu merasa nyeri yang lebih serius seperti kekakuan atau ketidaknyamanan di achilles atau fascia plantar kamu.

Kalau kamu merasa nyeri, maka sepatu itu nggak cocok untuk kamu dan kamu harus mencoba ukuran atau merek yang berbeda. Penting untuk hanya lari dengan sepatu yang cocok untuk kaki dan gaya lari kamu. Sepatu lari harus terasa nyaman di kaki kamu.

APA YANG HARUS DILAKUKAN KALAU SEPATU LARI MENGGOSOK?
Kita bicara tentang ‘hot spots’ pada sepatu lari sebagai area yang terasa menggosok di kaki kamu. Ini bisa terjadi di mana saja di sekitar kerah tumit, di bawah tali, di sisi kaki, atau di jari-jari kaki.

Ada berbagai cara mengikat sepatu yang bisa membantu. Kamu bisa mencoba ‘simpul pelari’ yang menggunakan lubang mata tambahan di bagian atas sepatu untuk menghentikan tumit tergelincir, atau kamu bisa mengikat ulang sepatu dan melewati dua lubang terendah untuk membantu memberi sedikit lebar tambahan di kotak jari kaki.

APA YANG HARUS DILAKUKAN KALAU SEPASANG SEPATU TIDAK COCOK UNTUK KAMU?
Ini pernah terjadi pada banyak dari kita: kita mencoba sepatu dan terasa nyaman, jadi kita membelinya dan mencoba lari beberapa kali. Tapi kita sadar sepatu itu nggak cocok untuk kita. Beberapa merek (dengan asumsi kamu membelinya langsung dari merek tersebut) menerima sepatu yang telah dipakai asalkan masih dalam periode pengembalian yang biasa, jadi periksa kebijakan pengembaliannya. Kalau nggak, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjualnya di situs seperti Ebay atau Vinted.

KAPAN HARUS MENGGANTI SEPATU LARI LAMA?
Nggak ada jawaban tunggal untuk pertanyaan ini, walaupun kamu harus berharap sepasang sepatu yang bagus akan digunakan setidaknya untuk 300 mil (500 kilometer), dan idealnya lebih banyak lagi. Dan nggak ada alasan kenapa kamu nggak bisa mendapatkan lebih dari 600 mil (1.000 kilometer) kalau sepatu itu masih nyaman.

Tapi ada tanda-tanda yang harus diperhatikan di sepatu kamu yang mungkin berarti saatnya untuk sepasang baru: kalau mereka mulai aus atau robek di bagian atas dan nggak bisa diperbaiki; kalau grip outsole aus sampai midsole; kalau kamu mulai merasa tidak nyaman di sepatu, atau kalau mereka nggak lagi memberikan dukungan atau bantalan yang cukup.

Tapi jangan langsung membuangnya, terutama kalau kamu masih bisa mendapatkan beberapa mil lagi dari mereka. Selalu berguna untuk setengah pensiun sepatu lama dan menyimpannya untuk hari-hari ketika hujan dan kamu nggak ingin sepatu baru kamu basah.